Friday, January 02, 2009

Perbedaan.., engkau MUDAH kami taklukan..


Namanya juga dua orang yang sebelumnya tidak pernah saling kenal. Sangat wajar apabila di dalam hubungan kami banyak ditemui perbedaan., baik dalam sifat, hobby, kebiasaan, latar belakang keluarga., yang tentunya dengan semua perbedaan tersebut kami berusaha untuk STAY HAPPY.

Seharusnya kami bisa menyikapi perbedaan yg ada dan terus belajar untuk melihat, menerima, menghargai dan menjalani perbedaan yang ada. Sering juga kami mendengar kata, “Nobody’s perfect” dan memang tidak ada orang yang sempurna, setiap orang mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Karena perbedaan inilah maka setiap pasangan dapat saling mengisi kekurangan masing-masing dengan kelebihan masing-masing dengan cara menerima segala kekurangan dan kelebihan pasangan masing-masing, yang tentunya ini tidak akan terjadi dalam waktu yang singkat, tapi dengan kesabaran, kasih sayang dan toleransi.

Menurut kami., ada beberapa hal penting yg harus terus dipegang oleh setiap pasangan dalam hal menyikapi perbedaan yg ada..

Komunikasi..
Semarah apapun pada pasangan, kami usahakan untuk tetap berkomunikasi, sampaikan uneg-uneg atau perasaan pada saat itu juga baik secara verbal atau bila kita mempunyai kesulitan untuk terbuka dengan kata-kata, coba lakukan secara tertulis dan harus langsung kepada yang pasangan.
Dibandingkan dgn Dee yg dapat dgn mudah secara lisan menyampaikan apa yg dia rasakan, bisa dibilang saya adalah org yg sebaliknya. Lebih mudah untuk saya menyampaikan apa yg saya rasakan dengan media sms :) Aneh memang., tapi setelah itu.. Saya bisa dengan mudah menghilangkan perasaan tidak enak yg sebelumnya saya miliki.. Sisanya., tinggal Dee.. yg notabene tidak terlalu suka berkomunikasi via sms, langsung menelpon untuk menyelesaikan mslh yg kami miliki, ntah siapa yg membuat mslh itu muncul.
Egois memang.., tp namanya jg perBEDAan.. iya kan??
Satu hal yang harus diingat komunikasi berlaku mulai dari hal yang kecil ke hal yang besar, jangan menunggu atau dibiarkan berlarut-larut sambil menunggu waktu yang tepat, mungkin ini akan membuat masalah lebih parah dan terlambat untuk menyelamatkan hubungan. Dengan berpegangan pada hal ini, biasanya saya dan Dee hanya memiliki waktu untuk “bermasalah” tidak lebih dari semalam.

Kepercayaan..
Mungkin ini adalah yang paling susah kami lakukan, mungkin kepercayaan dapat diberikan, tapi sebagai manusia kadang rasa cemburu itu tetap selalu ada. Di waktu awal-awal kami menjalin hubungan., hampir setiap saat saya memeriksa log di hp Dee., begitu juga sebaliknya. Namun., seiring berjalannya waktu., kami bisa sedikit demi sedikit menghilangkan kebiasaan itu krn kami saling percaya. Sebenarnya, tidak ada juga alasan untuk kami tidak percaya.. teman-teman Dee adalah teman saya juga dan hampir setiap hari kami bertemu.
Tapi sekali lagi., namanya jg wanita.. Suatu hal yg wajar untuk memiliki rasa cemburu yg lebih besar dibandingkan pria. Hal itulah yg menyebabkan pria dan wanita berBEDA., tp cemburu disebabkan karena rasa cinta kan..???

TeamWork..
Kami selalu menganggap bahwa kami adalah teamwork. Di saat salah satu dari kami merasa “down”, maka kami akan berusaha keras untuk menghibur, membangkitkan kembali semangatnya dan mencoba untuk mengambil sisi positif dari masalah tersebut. Dalam hal ini., rasanya saya yg paling sering mengeluh (bkn krn saya seorang wanita..), jalanan yg macet., loaded pekerjaan yg tinggi, tugas yg menumpuk.. Pada saat itulah Dee mencoba menghibur sehingga saya dapat kembali bersemangat. Beda dengan Dee yg lebih sering menyimpan sendiri perasaannya, sampai saya tanyakan ada apa krn melihat ada sesuatu yg berbeda. Ini adalah perBEDAan yg menguntungkan menurut kami., krn di situ kami dpt saling mengisi dan melengkapi.
Selain itu, kami jg sering memberikan pujian kepada pasangan, walaupun hanya pujian-pujian kecil tetapi bisa membesarkan hati pasangan. Karena berawal dari pujian2-pujian kecil itulah 'perbedaan itu semakin tidak terasa'.

Jika kami terlanjur bertengkar..
Kuncinya., seperti kata Dee.. jangan pernah marah pada saat yang sama. Bila salah satu dari kami marah, sebaiknya tidak terpancing, demikian pula sebaliknya. Jujur., ini adalah the HARDEST things dari semuanya.. Namanya juga msh usia-usia muda., akan mudah sekali terpancing untuk emosi. Namun lambat laun., kami.. kalian.. pasti akan bisa melakukannya.. (krn kamipun blm lulus dalam hal ini). Cara terbaik yg biasa saya lakukan agar tidak terpancing adalah DIAM, menjadi seorang authis untuk beberapa saat :p, hingga kami berdua tenang dan bisa tertawa kembali seperti biasa. Menonton acara televisi yg kami gemari atau dapat membuat kami tertawa juga merupakan obat yg paling manjur apabila kami terlanjur bertengkar. Karena hal itulah.. mengapa sampai saat ini., kami menggemari acara Empat Mata dgn TUKUL sebagai bintangnya.. (bkn sengaja untuk promosi y), krn acara tersebut dpt menghilangkan penat yg kami alami setelah bekerja yg dapat memacu risiko kami untuk menjadi sensitif.. Keep laugh.. hahahahaha..


Dalam suatu suatu hubungan, masalah bukan pada perbedaan yang ada tetapi bagaimana pasangan itu mengatasi perbedaan yang ada. Dengan seiringnya waktu kami semakin saling mengerti dan lebih sabar dalam menghadapi masalah-masalah yang timbul dalam menjalin hubungan yg sudah hampir masuk ke dalam thn ketiga. Komunikasi yang baik, berbagi dalam berbagai hal, menciptakan perasaan nyaman satu sama lain, saling menghargai, toleransi dan kasih sayang membantu kami dalam mengatasi perbedaan.

Intinya adalah., mencintai orang yg tidak SEMPURNA dengan cara yg SEMPURNA..

No comments:

Post a Comment

Leave Your Comment Here..